4 lensa terbaik untuk foto pernikahan, dan alternatifnya

4lensa-terbaik-wedding

Untuk membuat foto pernikahan dibutuhkan banyak alat teknis yang mengiringi kamera sebagai senjata utamanya. Alat alat tersebut seperti tripot, lighting, lensa, slider dll, alat tersebut akan membantu kameraman mendapatkan hasil foto terbaik. Untuk lensa akan memegang peran yang sentral karena sangat mempengaruhi kualitas gambar yang di bidik, berikut lensa yang terbaik untuk membuat foto wedding atau foto pernikahan.

1. Lensa 16-35mm untuk kamera utama foto pernikahan

Lensa jenis Wide tanggung ini sering menjadi favorit para fotografer wedding, karena nilainya di range yang pas buat foto pengantin diatas panggung , untuk mengejar kualitas biasa digunakan lensa L series (Canon) atau yang sederajad di merk lain. Lensa jenis ini di bandrol dengan harga sangat tinggi karena jenis lensa “Must Have”, kualitas optic pada lensa ini sangat tinggi karena dituntut mampu memproduksi gambar tajam dan clear. Pilihlah lensa dengan F : 2,8 karena akan menjamin gambar yang terang pada kondisi low light serta kecepatan menangkap gambar yang bisa diandalkan. Untuk Canon user ada pilihan lain yang lebih hemat yaitu 17-40 f/4, dengan range yang hampir identik tetapi datang dengan bukaan yang hanya 4, membuat lensa ini secara fungsi bisa menyamai seri 16-35 tetapi akan kalah pada kecepatan dan kemampuannya dalam cahaya rendah, tetapi datang dengan paket separuh harga, bagaimana tertarik yang mana?

foto-pernikahan, foto-wedding, jogja, prewedding-jogja

2. Lensa tele

Lensa tele biasa digunakan untuk kamera mobile yang mendampingi kamera utama, kegunaan utama adalah untuk melakukan candid atau cara pengambilan poto tanpa diketahui oleh targetnya, gak mungkinkan melakukan candid jarak deket karena akan membuat objek mengetahui kehadiran kita dan membuat ekspresi tidak natural lagi, nah peran lensa tele di foto pernikahan sperti ini sangat pas mendapatkan moment tersebut karena mampu melakukan zoom jarak jauh, bisa digunakan tele berukuran 70-200 f/2,8 (Canon L series) karena jenis kamera ini cepat serta kemampuan low light yang mumpuni. Alternatif lain bisa di dapat para range yang sama di merk Tamron atau sigma, dengan sekitar menghemat 30-40% biaya. Versi bukaan f4 juga tersedia tetapi ingat untuk kebutuhan wedding anda banyak berurusan dengan indoor yang tata cahayanya terbatas, itu artinya anda akan kehilangan beberapa Stop serta kecepatan yang lambat. Juga sangat pertimbangkan fungsi Image Stabilizer karena lensa jenis tele sangat membutuhkan stabilitas pengambilan gambar yang terjamin, anda bisa gunakan monopod atau tripod untuk membantu anda menstabilkan gambar.

wedding-jogja, prewedding-jogja, prewedding-murah-jogja

Alternatif lensa lain

3. Lensa 24-70mm

Ada kalanya anda harus memotret pelaminan yang tidak terlalu penuh diisi orang, anggap saja cuma pengantin ditambah dengan 2 tamu, pada kondisi ini anda butuh zooming untuk mendapatkan framing yang lebih pas, menggunakan lensa 16-35 jelas tidak memungkinkan kecuali anda berjalan maju. Pada kondisi ini lensa 24-70 mampu memainkan perannya, dengan panjang focal 70mm maka zooming bisa diraih tanpa harus banyak berpindah tempat, hal ini jelas akan lebih efektif. Lensa 24-70 juga hadir dalam 2 versi bukaan f4 dan f/2,8 tentu saja dibedakan dengan harga yang hampir 2x lipatnya. Apabila ruangan resepsi cukup luas maka Lensa 24-70 adalah pilihan yang tepat, untuk itu kenali terlebih dulu venue tempat anda memotret sehingga anda bisa membawa lensa yang tepat bagi kebutuhan anda.

4. Lensa wide

Apabila lensa L series 16-35mm terlalu mahal (28-35 jt-an), bisa menggunakan lensa wide atau lensa yang memiliki cakupan luas biasa memiliki range 10 – 20 an mm, contoh Canon 10-22mm, Sigma 11-16mm, Tamron 11-16mm dll (4-7 jutaan). Lensa wide ini akan optimal di dalam ruangan resepsi yang terbatas, karena kemampuannya mengcover media yang luas dalam jarak relatif dekat. Kendala lensa wide adalah biasa hadir dalam bukaan yang kecil (f3,5-4,5) ini akan merepotkan saat di dalam ruangan yang kurang cahaya, tetapi lensa wide Tokina menyediakan versi bukaan f/2,8 yang dirasa bisa menyelesaikan masalah ini.

prewedding-jogja, foto-pernikahan-jogja, foto-prewedding-jogja

5. Lensa sapu jagad

Lensa yang memiliki lebar vocal yang panjang semisal, 18-135mm (Non L) atau 24-105mm (L Series) , dengan rentan vocal yang panjang lensa ini bisa jadi lensa semi wide sekaligus semi tele, jadi kita tidak perlu berganti lensa. Cocok buat foto wedding yang hemat. Lensa jenis ini tidak sekelas dengan 16-35 atau 24-70 (L series) jadi hasil poto juga akan berkompromi, tetapi anda tidak perlu khawatir, apabila tatanan lampu pendukung mencukupi anda tetap akan mendapatkan kulaitas poto yang “acceptable”.

prewedding-jogja, wedding-jogja, foto-pernikahan-jogja

Wedding atau pernikahan memang momen sekali seumur hidup jadi ini sangat penting dan gak bisa diulang. Biasanya para pasangan berharap hasil foto pernikahan adalah yang terbaik, jadi para fotografer wedding biasa membekali diri mereka dengan alat terbaik. Kamera serta lensa dengan kualitas top, semisal body dengan seri 1 digit sepert Canon 5 D mark juga lensa kelas L series.

Tetapi apabila kita masih merintis usaha atau untuk sekedar hobi bantu temen, 2 alternatif kamera diatas bisa dicoba. Untuk mendapatkan hasil yang gak kalah sama lensa kelas atas coba mainkan kreativitas kalian. Seperti menentukan konsep bisa dipelajari di artikel : konsep prewedding murah di Jogja

JVPro sendiri biasa menggunakan formula di atas, dan tidak semua foto pernikahan menggunakan budget tinggi, banyak juga yang mepet jadi kita selaku penyedia layanan foto wedding harus bisa menyesuaikannya. Apabila anda membutuhkan informasi harga paket foto pernikahan yang murah silahkan kontak JVPro.
Untuk penawaran harga terbaik call/SMS/WA : 0812 1596 190 (DOny)

Semoga menginspirasi.

Save

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *